Menyajikan Info Kompetisi, Beasiswa Terbaru dan Terupdate

Saturday, September 29, 2012

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

0 comments
Salah satu problematika mendasar yang saat ini tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah problematika kemiskinan. Berdasarkan data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) September 2012, angka kemiskinan di negara kita mencapai 29.89 juta jiwa, atau sekitar 16,4 persen dari total penduduk Indonesia. Sementara itu, angka pengangguran juga sangat tinggi, yaitu sekitar 28 juta jiwa, atau 12,7 persen dari total penduduk. Berikut ini tabel penduduk miskin dengan sebaranya di berbagai pulau.

Fakta ini merupakan hal yang sangat ironis, mengingat Indonesia adalah sebuah negara yang dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa hebatnya. Namun demikian, kondisi ini tidak termanfaatkan dengan baik, sehingga yang terjadi justru sebaliknya. Di mana-mana kita menyaksikan fenomena eksploitasi alam yang tidak terkendali. Hutan-hutan dibabat habis, sehingga menyebabkan kerugian negara yang cukup besar setiap tahunnya. Sumberdaya alam lainnya, seperti mineral dan barang tambang, juga tidak dapat dioptimalkan pemanfaatannya bagi sebesar-besarnya kepentingan rakyat. Yang terjadi adalah, semua kekayaan tersebut, terkonsentrasi di tangan segelintir kelompok sehingga menciptakan kesenjangan yang luar biasa besarnya. Padahal,Allah SWT telah mengingatkan bahwa pemusatan  kekayaan di tangan segelintir orang adalah perbuatan yang sangat dibenci-Nya. Akibatnya adalah munculnya kesenjangan yang luar biasa di tengah-tengah masyarakat kita.


Kondisi ini sesungguhnya merupakan potret dari kemiskinan struktural. Artinya, kemiskinan yang ada bukan disebabkan oleh lemahnya etos kerja,  melainkan disebabkan oleh ketidakadilan sistem. Kemiskinan model ini sangat membahayakan kelangsungan hidup sebuah masyarakat, sehingga diperlukan adanya sebuah mekanisme yang mampu mengalirkan kekayaan yang dimiliki oleh kelompok masyarakat mampu (the have) kepada kelompok masyarakat yang tidak mampu (the have not).

Zakat, Infak, dan Sedekah merupakan instrumen utama dalam ajaran Islam, yang berfungsi sebagai distributor aliran kekayaan dari tangan the have kepada  the have not. Ia merupakan institusi resmi yang diarahkan untuk menciptakan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat, sehingga taraf kehidupan masyarakat dapat ditingkatkan.  

Dalam ajaran ilsam Zakat, Infak dan Sedekah begitu penting, bahkan untuk zakat diatur dengan tegas dan mutlak bagi umat islam sebagai rukun Islam yang ketiga. Didalam Zakat, Infak dan Sedekah ini terkandung hikmah dan manfaat yang demikian besar dan mulia, bagi para pelakunya baik penerima dan pemberi maupun harta yang digunakan , serta bagi masyarakat secara keseluruhan. Hikmah dan manfaat tersebut, antara lain adalah :  

1. Sebagai perwujudan iman kepada  Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya, menumbuhkan akhlak mulia dengan memiliki rasa kepedulian yang tinggi, menghilangkan sifat kikir dan rakus, menumbuhkan ketenangan hidup, sekaligus mengembangkan dan mensucikan harta yang dimiliki

2. Pada setiap harta yang dimiliki si Kaya didalamnya terdapat sebagian harta dari simiskin dan harus disalurkan, sehingga berfungsi untuk menolong, membantu dan membina mereka, terutama golongan fakir miskin, ke arah kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera, sehingga mereka dapat  memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak, dapat beribadah kepada Allah SWT, terhindar dari bahaya kekufuran,  sekaligus menghilangkan sifat iri,dengki dan hasad yang mungkin timbul dari kalangan mereka ketika melihat golongan kaya yang berkecukupan hidupnya. Zakat, sesungguhnya bukan sekedar memenuhi kebutuhan yang bersifat konsumtif yang sifatnya sesaat, akan tetapi memberikan kecukupan dan kesejahteraan pada mereka, dengan cara menghilangkan atau memperkecil penyebab kehidupan mereka menjadi miskin dan menderita.  

3. Sebagai salah satu sumber dana bagi pembangunan sarana maupun prasarana yang harus dimiliki umat Islam, seperti sarana pendidikan, kesehatan, maupun sosial ekonomi dan terlebih lagi bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia

Begitu besarnya hikmah dan manfaat dari Zakat, Infak dan Sedekah, maka bagi siapa saja yang ingin menunaikanya juga harus dengan cara yang benar dan melalui lembaga penyalur bantuan yang formal pula sehingga harta yang disalurkan benar-benar mencapai sasaran seperti yang menjadi harapan. Salah satu lembaga penyalur bantuan berasal dari Zakat, Infak dan Sedekah adalah Lembaga Zakat Dompet Duafa.

Pengelolaan bantuan oleh lembaga pengelola yang formal, apalagi yang memiliki kekuatan hukum formal, akan memiliki beberapa keuntungan, antara lain :

1. Memberikan jaminan bantuan tersalurkan dengan benar dan mencapai sasaran 
2. Untuk menjaga perasaan rendah diri penerima karena berhadapan langsung dengan pemberi
3. Untuk memperlihatkan syiar Islam dalam semangat penyelenggaraan pemerintahan  yang islami

Lembaga penyalur bantuan secara formal dompet duafa, juga memberikan kemudahan layanan bagi para donatur untuk berdonasi dengan mudah tanpa ribet melalui layanan marimembantu.org yaitu merupakan layanan secara online bagi donatur yang memiliki kesibukan tingkat tinggi sehingga tidak merepotkan dan mengganggu aktivitas. Sehingga Mudah Bersedekah Secara Online Dengan Marimembantu.org.

Marimembantu.org memberikan banyak kemudahan bagi para donatur maupun penerima donasi. Bagi para donatur dapat memulai memberikan bantuan dengan cara sebagai berikut:

1. Login cepat menggunakan twitter atau facebook



Pilih salah satu untuk memulai melakukan donasinya login denang twitter ataupun Facebook.

2. Pilihlah dan klik tombol “DONASI SEKARANG!” pada kasus yang ingin Anda bantu

maka akan muncul dialog  berikutnya seperti dibawah ini.




3. Setelah Anda masuk kedalam halaman kasus, Anda dapat langsung membagi informasinya kepada teman-teman Anda lewat tombol shered facebook dan twitter

4. Pilihlah voucher bantuan yang terdapat pada halaman kasus tersebut

Lakukan pemilihan vouchernya pada kolom dibawah ini



5. Setelah itu, Anda langsung masuk kedalam halaman cart, disini Anda bisa menambah voucher bantuan lagi untuk membantu kasus yang lain jika tidak maka dapat anda lanjutkan untuk proses berikutnya



6. Klik tombol “lanjutkan”, Anda akan masuk ke halaman mengisi form identitas guna melengkapi informasi data diri Anda sebagai penyumbang



7. Setelah itu, pembayaran voucher sumbangan akan dilakukan di dalam sistem iPayMu

8. Pembayaran voucher selesai, pembayaran akan diterima, dikonfirmasi dan disalurkan oleh Dompet Dhuafa dengan sebaik-baiknya



Itulah cara bagi para donatur yang ingin membantu melalui cara online, dengan langkah yang cukup mudah dan tidak ribet, kemudian untuk yang ingin melakukan permohonan caranya adalah sebagai berikut:


1. Login cepat menggunakan twitter atau facebook

2. Klik tombol “Mulai Permohonan”




3. Mulailah mengisi form data-data sesuai dengan step-step yang telah ditentukan





4. Setujui syarat dan kondisi lalu submit data permohonan

5. Permohonan anda akan di proses dan dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Dompet Dhuafa sebelum ditampilkan di website Marimembantu.org


Demikian informasi review saya untuk marimembantu.org sebagai salah satu program penunjang dari Lembaga Zakat Dompet Dhuafa, sehingga Mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org, semoga bermanfaat dan menambah motivasi kita semua untuk saling membantu.


Referensi
BPS RI September 2011
Marimembantu.org

No comments:

Post a Comment