SOCIAL COMPETITION 2012 – Lomba Puisi, Cerpen fantasi, dan LKTK (Hymne) 2012


Tepat pada tanggal 20 Desember adalah terdeklarasinya Hari Sosial, atau dulu kita kenal sebagai Hari Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Nasional. Bahwa pada Hari Sosial   tersebut, kita akan berkumpul bersama untuk membicarakan dan membahas kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sosial yang mengingatkan kita bahwa manusia hidup di masyarakat memiliki hak dan kewajiban sosial. Sesuai dengan kodratnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, terpisah satu sama lain, tetapi memerlukan kawan/teman/rekan untuk berusaha mengurangi beban dalam kesukaran. Dalam kehidupan ini masih banyak masalah sosial yang memerlukan perhatian kita, misalnya kenakalan remaja, narkotika, anak yatim piatu, kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Hal-hal tersebut, selain menjadi tugas Negara, juga merupakan kewajiban kita semua sebagai makhluk sosial untuk ikut menaggulanginya.


LOMBA PUISI

Melalui kesempatan kali ini kami ingin mengetuk hati masyarakat agar Hari Sosial ini dijadikan titik tolak keikutsertaan yang mampu dilakukan dalam rangka upaya membantu tugas-tugas sosial yang seharusnya kita lestarikan bersama. Kegiatan yang kami adakan adalah memfokuskan kepada pemuda penerus bangsa (Pelajar dan Mahasiswa) berpartisipasi dalam Cipta Puisi (Hymne) dengan Tema “Tuhan/Tanah Air/Pahlawan“, Hymne merupakan jenis puisi baru dengan arti puisi pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau Pahlawan. Berikut syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

1. Peserta Asli Berwarga Negara Indonesia.
2. Peserta merupakan pelajar dan mahasiswa.
3. Lomba Puisi Hymne ini bersifat perorangan (Individu).
4. Tiap naskah puisi yang diikutsertakan dalam kompetisi ini wajib mengandung unsur sosialisasi dan dapat memicu masyarakat umum dalam peningkatan hak dan kewajiban sosial.
5. Tema puisi “Tuhan/Tanah Air/Pahlawan” (bersifat umum dan tidak mengikat).
6. Karya puisi yang dilombakan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku, dan dipublikasikan lewat media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutkan dalam kompetisi, lomba atau kegiatan serupa lainnya.
7. Karya puisi yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiat atau pun murni menjiplak, baik sebagian maupun keseluruhan, dari naskah yang telah ada sebelumnya.
8. Peserta diharapkan mengunduh formulir pendaftaran terlebih dulu [DOWNLOAD DISINI]
9. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu karya dengan melampirkan data diri scan/fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (SIM/KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar/Pasport, dll).
10. Naskah puisi wajib dikirim dengan format kertas A4, Margin (top : 3, bottom : 3, left : 4, right : 3), font Arial 12 pt, spasi 1,5. Dan dikirim ke email : lomba2nd@gmail.com.
11. Peserta melakukan registrasi/pendaftaran Rp.10.000,- (setiap judul karya) dan melampirkan struk transfer registrasi (di foto/scan) atau konfirmasi via email sms ke 089 679 599 433 dengan format: Nama Pengirim – 3 digit terakhir nomor rekening pengirim – waktu transfer, contoh: MAHARDHITA-456-13.00. Nomor Rekening Registrasi/pendaftaran ke Bank BNI. a/n : Aufa Imiliyana. No. Rek  015 224 8074.
12. Karya diterima panitia paling lambat tanggal 27 Nopember 2012 jam 17.00 WIB.
13. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
14. Dewan Juri menetapkan 3 Pemenang, dan 27  Nominator terbaik yang akan dibukukan, dan 3 pemenag utama menghadiri Workshop pada pada jadwal yang akan kami tentukan selanjutnya.

Penghargaan Pemenang.

Juara I - Tabanas, Rp. 2.000.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara II - Tabanas, Rp. 1.250.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara III - Tabanas, Rp. 750.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
27 Nominator Terbaik - Sertifikat + 1 Buku Terbitan 2011 + 2012.

LOMBA CERPEN FANTASI


Melalui kesempatan kali ini kami ingin mengetuk hati masyarakat agar Hari Sosial ini dijadikan titik tolak keikutsertaan yang mampu dilakukan dalam rangka upaya membantu tugas-tugas sosial yang seharusnya kita lestarikan bersama. Kegiatan yang kami adakan adalah memfokuskan kepada pemuda penerus bangsa (Pelajar dan Mahasiswa) berpartisipasi dalam menulis Cerita Pendek (Cerpen) Fantasi dengan Tema “Tuhan/Cinta/Tanah Air/Pahlawan“, Fantasi sendiri secara umum adalah gambar (bayangan) dalam angan-angan, daya untuk menciptakan sesuatu dalam angan-angan–kekuatan daya pikir penulis dan/atau hiasan, tiruan. Dan fantasi sendiri secara biologis adalah keinginan untuk melakukan eksplorasi terhadap wilayah yang masih menyimpan misteri ilmu pengetahuan tersebut semakin meningkat. Berikut syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

1. Peserta Asli Berwarga Negara Indonesia.
2. Peserta merupakan pelajar dan mahasiswa.
3. Lomba Cerpen Fantasi ini bersifat perorangan (Individu).
4. Tiap naskah cerpen yang diikutsertakan dalam kompetisi ini wajib mengandung unsur sosialisasi dan dapat memicu masyarakat umum dalam peningkatan hak dan kewajiban sosial.
5. Tema cerpen “Tuhan/Cinta/Tanah Air/Pahlawan” (bersifat umum dan tidak mengikat).
5. Karya cerpen yang dilombakan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku, dan dipublikasikan lewat media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutkan dalam kompetisi, lomba atau kegiatan serupa lainnya.
6. Karya cerpen yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiat atau pun murni menjiplak, baik sebagian maupun keseluruhan, dari naskah yang telah ada sebelumnya.
6. Peserta diharapkan mengunduh formulir pendaftaran terlebih dulu [DOWNLOAD DISINI]
7. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu karya dengan melampirkan data diri scan/fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (SIM/KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar/Pasport, dll).
8. Naskah cerpen minimal 8 sampai 20 lembar, format kertas A4, Margin (top : 3, bottom : 3, left : 4, right : 3), font Arial 12 pt, spasi 1,5. Dan dikirim ke email : lomba2nd@gmail.com.
9. Peserta melakukan registrasi/pendaftaran Rp.10.000,- (setiap judul karya) dan melampirkan struk transfer registrasi (di foto/scan) atau konfirmasi via email sms ke 089 679 599 433 dengan format: Nama Pengirim – 3 digit terakhir nomor rekening pengirim – waktu transfer, contoh: MAHARDHITA-456-13.00. Nomor Rekening Registrasi/pendaftaran ke Bank BNI. a/n : Aufa Imiliyana. No. Rek  015 224 8074.
10. Karya diterima panitia paling lambat tanggal 27 Nopember 2012 jam 17.00 WIB.
11. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
12. Dewan Juri menetapkan 3 Pemenang, dan 17  Nominator terbaik yang akan dibukukan, dan menghadiri Workshop pada pada jadwal yang akan kami tentukan selanjutnya.

Penghargaan Pemenang.
Juara I - Tabanas, Rp. 2.000.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara II - Tabanas, Rp. 1.250.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara III - Tabanas, Rp. 750.000.00,- Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
17 Nominator Terbaik - Sertifikat + 1 Buku Terbitan 2011 + 2012.

LOMBA KARYA TULIS KREATIF (LKTK)


Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana masyarakat bermukim, disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).
Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia senyawa organik dan senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi bumi (umumnya) dan kesehatan manusia (khususnya), sehingga perlu dilakukan penanganan efektif terhadap limbah di lingkungan sekitar kita.

Dari sini kami mengajak masyarakat umum untuk menulis sebuah karya tulis kreatif, berupa esai, paper, atau berupa artikel singkat tentang daur ulang limbah yang lebih bermanfaat untuk masyarakat luas. Berikutketentuan dan persyaratan yang berlaku:

1. Peserta Asli Berwarga Negara Indonesia.
2. Peserta adalah Tim/regu maksimal 2 orang, diperbolehkan Individu (personal).
3. Kompetisi berlaku untuk pelajar, mahasiswa dan umum dengan batasan umur 15 s.d. 30 tahun.
4. Setiap Karya yang diikutsertakan dalam Social Competition 2012 ini wajib mengandung unsur sosialisasi dan dapat memicu masyarakat umum dalam peningkatan hak dan kewajiban sosial.
5. Karya yang didaftarkan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku, dan dipublikasikan baik di media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutkan dalam kompetisi, lomba atau kegiatan sejenis lainnya.
6. Karya yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiat atau pun murni menjiplak, baik sebagian maupun keseluruhan, dari naskah yang telah ada sebelumnya.
7. Objek limbah adalah anorganik, bisa berupa; Sampah kertas, sampah kaleng, sampah botol, sampah plastik, sampah batreai, dll.
8. Peserta diharapkan mengunduh formulir pendaftaran ::DOWNLOAD DISINI.::
9. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal 2 karya terbaik dengan melampirkan data diri yang masih berlaku, baik berupa; SIM/KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar/Pasport, dll (di scan/foto sebagai lampiran).
10. Peserta melampirkan Biodata singkat yang dilengkapi dengan Namor Telepon/HP dan alamat email aktif.
11. Karya wajib dikirim dengan format kertas A4, Margin (top : 3, bottom : 3, left : 4, right : 3), font Arial 12 pt, spasi 1,5. Dan dikirim ke email : lomba2nd@gmail.com.
12. Peserta melakukan registrasi/pendaftaran Rp.30.000,- (setiap judul karya) dan melampirkan struk transfer registrasi (di foto/scan) atau konfirmasi via email sms ke 089 679 599 433 dengan format:Nama Pengirim – 3 digit terakhir nomor rekening pengirim – waktu transfer, contoh: MAHARDHITA-456-13.00. Nomor Rekening Registrasi/pendaftaran ke Bank BNI a/n : Aufa Imiliyana. No. Rek  015 224 8074.
13. Karya diterima panitia paling lambat tanggal 27 Nopember 2012 jam 17.00 WIB.
14. Dewan Juri menetapkan 3 Pemenang, dan 7  Nominator terbaik yang akan dibukukan, dan menghadiri Workshop pada pada jadwal yang akan kami tentukan selanjutnya.
15. Keputusan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Penghargaan Pemenang.
Juara I - Tabanas, Rp. 3.000.000.00,- + Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara II - Tabanas, Rp. 2.000.000.00,-  + Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
Juara III - Tabanas, Rp. 1.000.000.00,-  + Sertifikat + Souvenir + 2 Buku Terbitan 2011 + 2012.
7 Nominator Terbaik - Sertifikat + Souvenir + 1 Buku Terbitan 2011 + 2012.




sumber: http://www.porseni.com/2012/10/social-competition-2012-lomba-puisi.html
Bagi pembaca yang budiman, untuk membantu kerja kami silakan klik Like, pada like box Find Us On FB dan tuliskan Komentar, " I'AM A WINNER" Pada Tabel Poskan Komentar, Sebagai bukti bahwa dihati kita masih hidup semangat berkompetisi dan siap menjadi,"JUARA".

Comments

Post a Comment