Menyajikan Info Kompetisi, Beasiswa Terbaru dan Terupdate

Tuesday, December 11, 2012

Alam, Air Bersih, Teknologi dan Kita

0 comments

Gambar Ilustrasi

Coba kita perhatikan semua yang berada disekitar kita, mulai dari tubuh yang kita miliki, tanaman disekeliling kita, binatang peliharaan kita, dan tanah yang kita pijak. Bisa dipastikan bahwa didalam semua komponen tersebut diatas salah satu bagian pembentuk yang terpenting adalah Air. Semua mahluk hidup dimuka bumi ini sangat bergantung dengan yang namanya air. Dapat kita pastikan ketika mahluk dimuka bumi ini kekurangan air maka akan berakibat sangat  fatal dan menganggu kesetimbangan yang ada dimuka bumi ini.

Air seperti yang kita ketahui merupakan sumber kehidupan. Air merupakan kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan manusia terutama air tawar  yang bersih dan sehat. Namun demikian, kelangkaan dan kesulitan mendapatkan air bersih dan layak pakai menjadi permasalahan yang mulai muncul di banyak tempat dan semakin mendesak dari tahun ke tahun. Kecenderungan konsumsi air naik secara eksponensial ,sedangkan ketersediaan air bersih cenderung melambat akibat kerusakan alam dan pencemaran.  Adapun berbagai jenis pencemar air berasal dari :
a.  Sumber domestik (rumah tangga),  perkampungan, kota, pasar,  jalan,  dan sebagainya.
b.  Sumber non-domestik (pabrik, industri,  pertanian, peternakan, perikanan, serta sumber-sumber lainnya.
Semua bahan pencemar diatas secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi kualitas air. Berbagai usaha telah banyak dilakukan agar kehadiran pencemaran terhadap air dapat dihindari atau setidaknya diminimalkan.  Masalah pencemaran serta efisiensi penggunaan sumber air merupakan masalah pokok, mengingat keadaan perairan  alami di
banyak negara cenderung menurun, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dengan demikian di Indonesia ,dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 250 juta,kebutuhan air bersih menjadi semakin mendesak.

Khusus di provinsi Riau ada beberapa daerah untuk kondisi airnya sangat tidak layak untuk di pakai dalam kehidupan sehari-hari apa lagi dikonsumsi, apa lagi di daerah yang di dominasi dengan tanah gambut. Daerah yang didominasi tanah gambut lebih cenderung memiliki tingkat keasaman air nya di atas rata-rata air pada umumnya, karena pada tanah gambut di dominasi unsur hara yang berupa asam Humic. Beberapa daerah yang memiliki daerah gambut adalah didaerah kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, serta beberapa daerah di kabupaten Siak, bengkalis, Kampar dan kota Pekanbaru. Pada umumnya air yang terdapat didaerah gambut berwarna coklat, maka tidak jarang orang menyebutnya sebagai air teh praktis.

Gambar Air Gambut

Masih di provinsi Riau di beberapa kabupaten juga memiliki air tidak layak dikonsumsi karena daerahnya merupakan daerah rawa, sehingga air yang terdapat pada daerah tersebut pada umumnya berbau dan sebagianya juga berwarna seperti karat. Selain kondisi air tanah yang di pengaruhi asam humic untuk daerah yang di dominasi gambut dan air yang bau serta berwarna karat untuk daerah yang rawa, faktor lain yang siap mengancam kondisi air sehat dan bersih di provinsi Riau adalah adanya pembukaan kebun sawit secara besar-besaran. Dengan bergantinya pepohonan dengan tanaman sawit maka fungsi sebagai serapan air yang di perankan oleh akan-akar pepohonan tidak dapat digantikan oleh akar-akar dari tanaman sawit. Disamping itu sawit juga termasuk tanaman yang paling boros dalam menggunakan air dalam proses metabolisme kehidupanya. Kondisi seperti ini menyebabkan banyak sumur warga ketika beberapa hari saja kemarau langsung kekeringan dan kekurangan air sehat dan bersih. Penyebab lain berkurangnya air sehat dan bersih di provinsi riau adalah karena juga meningkatnya pabrik pengolahan sawit sehingga menyebabkan meningkatnya pencemaran air. Ini lah kondisi di provinsi Riau bisa jadi didaerah lain kondisinya jauh lebih parah dan lebih dahsyat lagi.

Kondisi seperti diatas tentunya tidak boleh dibiarkan dan harus segera dicarikan solusi sehingga ketersedian air sehat dan bersih sebagai salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting untuk menunjang hajat hidup siapa saja yang ada dialam ini. Berikut ini beberapa solusi yang saya tawarkan untuk supaya dapat mempertahankan adanya sumber air sehat dan bersih dilingkungan sekitar:

1. Penghijaun Kembali

Gambar Ilustrasi

Penghijaun kembali sebgai upaya untuk mempertahankan sumber air bersih pantas menjadi pilihan utama bagi setiap individu untuk diterapkan dilingkungan sekitarnya. Penghijaun sebenarnya bukanlah hal yang sulit jika kita semua sadar dan paham betapa besarnya peranan tumbuhan dalam  membantu penyedian air bersih. Penghijaun ini jika dialakukan setiap individu memiliki satu pohon dan dirawatnya sebagaimana dia merawat binatang peliharaan yang dia sayangi maka terget menghijaukan lingkungan disekitar tempat kita pasti akan tercapai, coba kita bayangkan jika dilingkungan kita ada sekitar 1000 orang maka akan ada 1000 pohon yang ada di sekeliling kita. Lingkungan yang hijau selain mampu memberikan sumber air yang bersih dan sehat juga akan memberikan suasana yang rindang, indah penuh kesegaran dan tentunya melimpahnya Oksigen yang sangat kita butuhkan.

Program penghijaun kembali juga harus di terapkan dilahan-lahan peralihan yang dijadikan perkebunan-perkebunan tertentu dan dikembalikan kepada fungsi awalnya sebagai daerah penyangga serapan air, kemudian juga menahan untuk tidak mengejar kepentingan pribadi dengan banyak merubah hutan sebagai daerah serapan air untuk membuka perkebunan baru. Apabila ini bisa dilakukan maka penyedian air sehat dan bersih tidak akan menjadi masalah.

2. Penggunaan Air Seperlunya dan Sewajarnya

Gambar Ilustrasi

Penggunaan air dalam kehidupan kita sehari-hari secara tidak sadar kita telah melakukan penggunaan air secara berlebihan dan tidak pada tempatnya, ketika air mulai berkurang maka kita baru sadar dan menyesal mengapa dulu menggunakan air seenakanya dan tidak pada tempatnya. Kebiasaan seperti ini maka harus mulai kita kikis dan hilangkan secara perlahan-lahan dari skedul kehidupan kita sehari-hari. Misalnya dalam mencunci baju tidak berlebihan dalam penggunaanya, mebuang air sembarangan karena merasa dahaga sudah hilang ketika minum, maka ketika kita minum harus kita takar kapasitas air yang akan kita konsumsi sesuai dengan yang kira-kira di butuhkan, dan masih banyak lagi contoh lainya yang sederhana yang sering kita lakukan di kehidupan kita sehari-hari.

Kebiasaan menggunakan air seperlunya dan sewajarnya juga bisa menjadi sarana bagi kita untuk melakukan latihan kedisiplinan. Membiasakan ssesuatu yang sudah lama tidak menjadi kebiasaan kita adalah bagian dari proses untuk melatih kedisiplinan. Disamping itu membiasakan diri menggunakan air seperlunya juga melatih kita untuk belajar hidup hemat teradap apapun yang kita miliki, sehingga ketika membutuhkan barang tersebut sudah tersedia karena sudah kita cadangkan.

2 solusi diatas jika benar-benar kita pahami dan serius menjalankanya maka akan menjadi solusi yang sangat tepat untuk agar kita dapat terus merasakan air bersih dan sehat. Kemudian bagi siapa saja yang tinggal didaerah yang kadar airnya kurang bagus misalnya didaerah gambut dan rawa  seperti yang ada di provinsi Riau. Jika nada ingin merasakan kualitas air sehat dan bersih salah satu solusinya adalah dengan menggunakan media penyaringan air. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan telah dirancang oleh para ahli suatu alat yang sangat tepat untuk memperoleh air bersih yang di konsumsi didaerah seperti yang sebutkan diatas. Alat tersebut adalah PURE IT dari Unilever.




Pure it merupakan cara mudah untuk mendapatkan air sehat dan bersih yang terlindung dari kuman. Banyak keuntungan yang diadapatkan jika menggunakan pureit yang bersifat sebagai penyaring air diantaran adalah sebgai berikut:

a. Pure it termasuk alat yang snagat praktis dna bisa diletak kemana saja serta tidak menggunakan energi listrik, sehingga dapat digunakan dimana saja dan acara apa saja.

Gambar Produk Pureit

b. Pure it juga mampu menghilangkan polutan dalam air berupa peptisida serta mampu membenuh kuman yang terkandung didalam air yang kita olah dengan menggunakan pure it

c. Dengan menggunakan pure it berarti kita menghemat gas, dan listrik. Artinya kita juga menghemat keungan

d. Dengan adanya pure it kita tidak perlu khawatir kekurangan air selama masih ada sumber air disekitar lingkungan kita berada, sehingga g perlu mondar mandir isi ulang air layaknya air galon.

e. Ini keuntungan yang paling terpenting air yang telah diproses melalui pure it sangat terjamin kebersihan sehingga tidak perlu khawatir dengan kesehatan kita jika mengkonsumsi air hasil penyaringan dengan menggunakan pure it.

Keuntungan-keuntungan diatas kita peroleh ketika kita menggunakan pure it, karena pure it berkerja dengan teknologi canggih 4-tahap pemurnian air," teknologi germkil". Sehingga mengahasilkan air yang benar-benar aman dan terlindungi dari bakteri dan virus. 4-tahapan pemurnian tersebuat adalah sebagai berikut:

1. Saringan serat mikro, saringan ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang bersifat fisik seperti serabut-serabut, tanah, pasir dan kotoran lain yang ukuranya kasat mata.
Gambar 4-Tahapan Pemurnian Pada Pure it

2. Saringan karbon aktif, saringan ini berfungsi menghilangkan parasit dan pestisida berbahaya yang terkandung didalam air. Mekanismenya adalah semua parasit dan pestisida yang berbahaya akan terserap kedalam pori arang aktif karena perbedaan ionya.
3. Prosesor pembunuh kuman, Dengan 'programmed disinfection technology' menghilangkan bakteri dan virus berbahaya yang tidak terlihat
4. Penjernih, tahapan terakhir dari 4-tahapan pemurnian adalah penjernihan sehingga dihasilkan air yang bersih, sehat, jernih dan tidak bau.

Gambar Germkit

Pure it bekerja dengan Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang tahan lama dan dapat diganti. Komponen 2,3,4 harus diganti secara bersamaan setelah memurnikan sekitar 1500 liter* air. Atau setara dengan ~80 galon, dalam pemakaian normal tahan sekitar 6 -8 bulan. Ketiga komponen ini tersedia dalam sebuah kemasan 'Germkill Kit'. Pure it juga memilki dua sistem perlindungan yaitu sebagai berikut:

1. Perlindungan 1 – Pure it Germkill Life Indicator
Pure it memiliki Indikator unik, yang akan memberitahukan  beberapa hari sebelumnya kapan perlu mengganti 'Germkill Kit’, dengan perlindungan ini sehingga tidak perlu khawatir akan menurunya mutu keamanan yang diberikan melalui pemakain pure it dalam menyediakan air bersih.

2. Perlindungan 2 – Mekanisme Penghentian Otomatis
Jika ‘Germkill Kit’ tidak diganti pada waktunya, Pure it secara otomatis akan menghentikan aliran air sampai penggantian dilakukan. Mekanisme Penghentian Otomatis Pure it akan menghentikan air sehingga air akan meluap dari Germkill Life Indicator. Hal ini akan menjamin anggota keluarga akan selalu meminum air yang aman.

Pure it bisa menjadi salah satu solusi untuk memperoleh air sehat terutama diaerah seperti provinsi Riau yang didominasi dengan daerah gambut dan rawa-rawa. Jadi agar dapat terus mendapatkan air yangs ehat dan bersih maka solusi yang harus kita lakukan adalah melakukan penghijaun kembali secara berkala dan menggunakan air seperlunya dan sewajarnya. Kemudian untuk daerah yang sulit mendapatkan air bersih dikarenakan kondisi lingkungan maka pure it bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya, sehingga air sehat dan bersih dapat diperoleh dan bisa dikonsumsi.

Sebagai penutup pada artikelnya ini antara alam, air bersih, teknologi dan kita memang tidak terpisahkan dan semuanya saling menunjang. Hidup sehat adalah hidup dengan Air yang sehat, air yang sehat adalah hasil dari alam yang sehat serta teknolgi yang sehat dan ramah lingkungan.

No comments:

Post a Comment