Lomba Menulis “Perempuan…Kamu Pasti Bisa!” by Pena Nusantara

Mimpi, setiap dari kita memiliki mimpi. Mimpi yang hadir sering menjadi cambuk yang terus memanas, membuat kita ingin menggapai cita-cita.

Naah, dalam rangka memperingati Hari R.A. Kartini, kami ingin mengajak para remaja untuk menceritakan bagaimana kisah perjuangan dan perjalanan kalian dalam menggapai impian di era modern saat ini. Seperti R.A.Kartini yang akhirnya bisa mewujudkan impiannya.Dalam lomba ini, kalian bisa menuliskan kisah tentang perjuangan kalian ketika berusaha masuk ke sekolah favorit, ketika menghadapi ujian, ketika tidak ada biaya sekolah, ketika berusaha menjadi panutan bagi adik di rumah maupun adik-adik kelas di sekolah, dan lain-lain.

Syarat dan Ketentuan Lomba:
Peserta laki-laki atau perempuan, usia 15 – 25 tahun.
Peserta hanya boleh mengirimkan satu kisah inspiratif.
Berupa kisah nyata (based on true story). Boleh pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain.
Registrasikan diri dengan cara membagikan/men-tag lomba ini ke FB Saleha Juliandi (www.facebook.com/saleha.juliandi), FB Pena Nusantara (www.facebook.com/redaksipenanusantara), dan 10 teman kamu di Facebook.
Format Naskah: Tebal 15-18 halaman (Biodata tidak dihitung), Ukuran kertas A4, TNR 12, spasi 1.5, Paragraf rata kanan kiri (Justified), margin 3-3-3-3, Naskah diketik di MS. Word 2007.
Naskah merupakan karya asli, bukan saduran/jiplakan, dan belum pernah dipublikasikan lewat media manapun serta tidak sedang diikutkan pada lomba lainnya. Tulisan tidak mengandung pesimisme terhadap Indonesia, tidak mengandung SARA, pornoliterasi, atau melanggar hukum.

Sertakan biodata dalam bentuk narasi maksimal 75 kata di akhir naskah. Biodata tersebut minimal memuat informasi tentang Nama Asli, Nama Pena, Nama Facebook, dan Email.
Berilah nama file naskah yang dilombakan dengan rumus: Nama Facebook+Judul Naskah. Contoh: Diera Alamanda+Tak Ada Biaya

Naskah lomba dikirimkan sebagai attachment ke email magnetkuw@yahoo.co.id dengan subyek email “Perempuan, Kamu Pasti Bisa!”. Kosongkan badan email. Ikuti update dan pengumuman lomba melalui Grup FB Pena Nusantara (www.facebook.com/groups/penanusantara/) dan Fanpage Pena Nusantara (www.facebook.com/PENERBITPENANUSANTARA).
Deadline pengiriman naskah: 21 April 2014.
Pengumuman lomba: 21 Mei 2014.
Penilaian:
  • Keunikan dan kreativitas ide cerita
  • Alur cerita tidak membosankan
  • Cerita mampu menjadi motivator bagi para remaja
Reward:
Akan dipilih naskah-naskah terbaik untuk dibukukan secara Indie oleh Pena Nusantara. Jika naskah yang terkumpul memenuhi syarat penerbitan mayor, maka tidak menutup kemungkinan buku akan didistribusikan ke toko-toko buku besar di Indonesia. Masing-masing kontributor terpilih berhak mendapatkan 1 eksemplar buku terbit, E-sertifikat dan diskon 15% untuk setiap buku yang penulis pasarkan sebagai royalti. Di antara kontributor terpilih, akan dipilih satu kontributor dengan naskah paling menarik untuk mendapatkan hadiah buku-buku LARIS senilai Rp. 300.000 dari Pena Nusantara.

Kami tunggu ya… naskah-naskah kerennya!
Salam,
Gluck Fraulein (Koordinator Lomba)

Jika ada pertanyaan silakan menghubungi:
[e]: magnetkuw@yahoo.co.id
[f]: www.facebook.com/groups/penanusantara/

Comments