Menyajikan Info Kompetisi, Beasiswa Terbaru dan Terupdate

Pengen Cari Apa? Search Aja Disini

Wednesday, October 30, 2019

Writing Contest Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju Deadline 30 November 2019

0 comments
Buat Sobat GenJu  kali ini Portal Kompetisi dan Beasiswa yang berafiliasi dengan birulangitid, bakal membagikan info lomba blog yang diadakan oleh Bisnis dot com yang disponsori oleh BRI dan hadih utamanya adalah Mobil, nah yang penasaran dan g sabar berpartisipasi langsung aja ya, ok cekidot.

Writing Contest Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju Deadline 30 November 2019
Writing Contest Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju Deadline 30 November 2019
Latar Belakang
Kamu punya harapan terhadap Indonesia lima tahun ke depan? Punya gagasan tentang hal-hal apa saja yang terbaik dan perlu dilakukan untuk membuat Indonesia maju di bawah Presiden terpilih Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin? Pengin idemu dibaca, di-share dan dikomentari sebanyak mungkin orang? Pengin idemu dijalankan oleh pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin ke depan? Ayo, tuangkan pikiran cerdasmu dalam Lomba Menulis atau Writing Contest bertema “Ekspresikan Idemu untuk Indonesia Maju”. Tulis saja idemu dengan gaya nge-pop, bercerita dengan renyah, supaya mudah dipahami. Ada beberapa tema tulisan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Peserta lomba terbuka untuk masyarakat umum, baik pelajar/mahasiswa, pengamat, blogger maupun jurnalis.
Tema
 
“Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju”
Sub Tema
1. Harapan Baru kepada Presiden Jokowi
Tulisan mengenai sosok, kepemimpinan, prestasi, atau rekam jejak serta harapan kepada Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2019, saat memimpin Indonesia periode 2019-2024.
2. Pembangunan Infrastruktur dan Manfaatnya Bagi Masyarakat
Uraian mengenai pembangunan infrastruktur, manfaatnya, pembiayaan, optimalisasi, dampak bagi kehidupan masyarakat. Bisa lebih spesifik tulisan mengenai jalan tol Trans Jawa, tol Trans Sumatra, pembangunan bendungan dan sarana pengairan/irigasi, jaringan dan pembangkit listrik, telekomunikasi dan satelit, bandara, pelabuhan, dsb.
3. BUMN untuk Pembangunan Negeri
Paparan mengenai upaya pemberantasan korupsi, gerakan antikorupsi, upaya penegakan hukum, pengelolaan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat, penegakan keadilan, dsb.
4. Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju
Uraian mengenai ide-ide dalam perbaikan sektor pendidikan termasuk pemerataan pendidikan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, sistem pengajaran, kondisi dan mutu sekolah, pergu ruan tinggi, perbaikan mentalitas dan perilaku manusia Indonesia, dsb.
5. Perbaikan Jaminan Kesehatan untuk Masyarakat
Ide mengenai kondisi jaminan kesehatan untuk masyarakat, termasuk cara menghimpun dana BPJS Kesehatan, perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan, upaya memperluas akses BPJS Kesehatan, kemudahan untuk pasien, support untuk untuk tenaga medis, sistem pengobatan dsb.
6. Destinasi Pariwisata Indonesia
Ide seputar usaha meningkatkan daya saing industri dalam negeri, upaya mengurangi impor, membendung produk dari luar negeri, dukungan untuk UKM, peraturan perdagangan, ekspor-impor, dsb.
7. Memanfaatkan Ekonomi Digital
Tulisan tentang ekonomi berbasis internet, disrupsi teknologi di berbagai sektor yang disebabkan perkembangan teknologi informasi, soal telekomunikasi, pemerataan jaringan, akses informasi untuk masyarakat, perdagangan elektronik, bisnis digital, unicorn Indonesia, dsb.
8. Mengelola Energi dan Sumber Daya Alam yang Bermanfaat
Paparan tentang sumber energi, pengadaan energi, distribusi energi, upaya menghemat energi, energi baru dan terbarukan, hemat BBM, subsidi energi, tata kelola energi, dsb. Juga ide mengenai pengelolaan Freeport setelah divestasi saham mayoritas menjadi milik Indonesia.
9. Inovasi Produksi Pertanian dan Pangan
Tulisan mengenai ketahanan pangan, produksi dan pengolahan pangan, pertanian, kebijakan mengenai beras, gula dan lainnya. 
 
Tahapan Mekanisme Lomba
PERIODE REGISTRASI DAN PENGIRIMAN ARTIKEL 1 AGUSTUS - 30 NOVEMBER 2019.
  • Peserta wajib mendaftar dan melengkapi data profil pribadi pada melalui BisnisID.
  • Peserta wajib melampirkan copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar, surat persetujuan orang tua bagi yang berusia di bawah 17 tahun) dan foto diri dalam format JPG/JPEG (*jpg) dengan ukuran maksimal 180x240 pixel (portrait) & kapasitas maksimal 70kb.
  • Registrasi cukup dilakukan satu kali saja.
  • Pengiriman artikel diperbolehkan lebih dari satu artikel. User ID bisa dipakai lebih dari satu kali.
  • Artikel dikirim dalam format Word Document (*doc/*docx) maksimal 20kb. Pengiriman artikel dikirimkan melalui menu “Kirim Artikel” atau email berupa lampiran ke writingcontest@bisnis.com.
  • Semua artikel yang masuk akan dilakukan penyaringan oleh panitia sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
PERIODE PENAYANGAN ARTIKEL 1 - 15 DESEMBER 2019
  • Artikel yang layak muat berdasarkan ketentuan Dewan Juri akan ditayangkan di kanal khusus Writing Contest Bisnis.com mulai 1 - 15 Desember 2019.
  • Setiap halaman/judul artikel dapat di-vote oleh pembaca selama periode tayang.
  • Peserta yang artikelnya dimuat dapat memperbanyak “share” artikel, agar memperoleh “hit” & “vote” sebanyak mungkin.

Syarat dan Ketentuan
  • Lomba terbuka untuk umum, minimum usia peserta 17 tahun.
  • Lomba ini tidak berlaku bagi karyawan Bisnis Indonesia Group beserta keluarga.
  • Peserta harus melakukan registrasi secara online. Dengan melakukan registrasi dan mengirim kan artikel ke panitia, peserta menyetujui semua syarat dan ketentuan lomba menulis ini, baik yang telah ditentukan sekarang maupun di kemudian hari oleh penyelenggara.
  • Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu artikel dengan panjang setiap artikel 4.000 –10.000 karakter termasuk spasi.
  • Artikel harus asli karangan sendiri.
  • Artikel dalam format tulisan populer (bukan laporan akademis, skripsi, tesis, makalah, jurnal, dan sejenisnya).
  • Artikel tidak mengandung unsur pelecehan/penghinaan terhadap individu/organisasi dan tidak bermuatan sentimen SARA.
  • Artikel yang dikirimkan menjadi milik Bisnis Indonesia Group termasuk dan tidak terbatas pada hak untuk mempublikasikan artikel tanpa harus izin kepada peserta. Hak cipta tetap ada pada peserta sebagai penulis.
  • Bisnis Indonesia Group berhak untuk mempublikasikan tulisan pemenang untuk keperluan lain.
  • Keputusan penyelenggara tidak bisa diganggu gugat dan penyelenggara dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga terkait dengan artikel yang diikutsertakan oleh peserta.
Penentuan Pemenang
  • Penyelenggara akan memilih 50 finalis berdasarkan pada peringkat “hit” dan “vote” artikel yang dipublikasikan pada periode 16 – 19 Desember 2019 tersebut, untuk dinilai oleh Dewan Juri.
  • Artikel 50 finalis akan diumumkan pada 19 Desember 2019.
  • Dewan Juri Bisnis Indonesia akan menetapkan pemenang berdasarkan pertimbangan “hit” dan “vote” artikel yang dikombinasikan dengan kualitas tulisan dari ke-50 finalis yang terpilih.
  • Pengumuman pemenang pada 20 Desember 2019.

Hadiah
1. Hadiah Pemenang Utama 1 Unit Mobil
2. Juara 2 uang tunai Rp 20.000.000
3. Juara 3 uang tunai Rp 15.000.000
4. Juara 4 uang tunai Rp 10.000.000
5. Juara 5 uang tunai Rp   5.000.000

No comments:

Post a Comment